Inilah Jadwal Ujian Nasional Tahun 2017

ilustrasi tampilan jadwal un tahun 2017
Assalamualaikum wr wb, Librari Guru mengucapkan : Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini bunyamincibalonggarut.blogspot.com akan membagikan informasi mengenai Jadwan Ujian Nasional Tahun 2017,,,,,,,,,,,

Usai pemerintah memutuskan ujian nasional (UN) tetap diadakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2017 pada April-Mei mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Rapat Koordinasi (rakor) Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah tahun 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (22/12/2016) menyampaikan ujian tetap dilaksanakan pada tahun mendatang.

Hasil gambar untuk muhadjir effendy wawancara
Mendikbud Muhadjir Effendy

“Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata Muhadjir sebagaimana dikutip setkab.go.id.

Muhadjir merinci pelaksanaan ujian nasional untuk SMK pada tanggal 3 – 6 April 2017; untuk SMA/MA pada tanggal 10-13 April; untuk SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang, yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei.

Mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan pada UN tahun 2017, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) ditambahkan satu mata pelajaran sesuai dengan jurusan siswa, sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.
Ujian Sekolah Berstandar
Nasional (USBN)

Mengenai Ujian Sekolah, Mendikbud Muhadjir Effendy mengemukakan, akan ditingkatkan mutunya menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran.

Ia menyebutkan, soal-soal USBN akan dibuat oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai organisasi profesi. Adapun soal tersebut akan dibuat dengan perpaduan soal yang dibuat oleh guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

Menurut Mendikbud,  mata pelajaran yang diujikan pada USBN adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Untuk SMP/MTs, ditambahkan Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk SMA/MA, terdapat juga mapel Sejarah dan tiga mapel sesuai program studi siswa, seperti Fisika, Kimia, Biologi; untuk jurusan IPA, Ekonomi, Geografi, Sosiologi untuk jurusan IPS, dan Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing untuk jurusan Bahasa. Sementara untuk siswa SMK, terdapat uji keterampilan komputer.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Totok Suprayitno, dalam paparannya secara terpisah mengemukakan, saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksana UNBK.

Dengan jadwal UN SMK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berjalan tidak bersamaan, komputer dapat digunakan bergantian.

“Sekolah/Madrasah dengan jumlah komputer lebih dari 20 buah dan memiliki server dapat ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan UNBK. Nanti Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota menetapkan tempat ujian bagi siswa dari sekolah yang belum memiliki fasilitas berdasar kedekatan jarak antar sekolah,” kata Totok.
Jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan
Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2017
dapat di DOWNLOAD >>> DI SINI
Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari tirto.id dan kuambilcom, semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Amin

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Inilah Jadwal Ujian Nasional Tahun 2017"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung